Korea Mencari Turis Muslim untuk Datang ke Negaranya

Korea Mencari Turis Muslim Datang ke Negaranya
Muslim Village

Pemerintah Korea Selatan dan perusahaan swasta di Korea bergerak untuk mengakomodasi kenaikan hadirnya turis Muslim yang telah menjadi sumber pertumbuhan baru bagi industri pariwisata negara tersebut, yang telah terpukul oleh kepergian pelancong China.

Pengunjung Muslim ke Korea Selatan telah bertambah jumlahnya, terhitung 5,7 persen pelancong asing tahun lalu. Angka terakhir naik dari 5,3 persen pada 2014 dan dari 5,6 persen pada 2015, menurut Korea Tourism Organization (KTO).

Kunjungan tersebut merupakan perkembangan yang sangat disambut baik bagi industri lokal, yang telah mengalami kemerosotan umum setelah jumlah pelancong China yang datang ke negara tersebut, yang mengakibatkan turun tajam mulai bulan Maret. Beijing membalas keputusan Korea Selatan untuk menjadi tuan rumah sistem pertahanan rudal A.S. di tanahnya dengan membatasi warganya pergi ke tetangga Asia. Mencerminkan hal ini, jumlah pengunjung China ke Korea Selatan turun 66,4 persen di bulan Juni dari tahun lalu.

Untuk menarik wisatawan Muslim, bagaimanapun, Korea Selatan perlu secara efektif dan cepat menyiapkan berbagai fasilitas yang dapat memenuhi kebutuhan spesifik para pengunjung. Intinya menjadi semakin nyata bila dibandingkan dengan negara lain, demikian yang mereka argumentasikan.

Menurut KTO, Korea Selatan hanya memiliki 28 ruang untuk shalat di seluruh negeri yang sesuai untuk digunakan oleh umat Islam, sementara  Jepang memiliki 57.
Ruang sholat yang dapat digunakan di Korea Selatan termasuk 11 di lokasi pariwisata utama, 2 di bandara dan 15 dioperasikan oleh komunitas Islam setempat. Di Jepang, ada 11 fasilitas di bandara saja dan 14 di pusat perbelanjaan raksasa.

Taiwan, yang meningkatkan pertukaran dengan negara-negara Asia Tenggara, menambahkan ruang sholat di pusat informasi utama, bandara dan stasiun kereta.

Seperti yang diketahui, Traveller Muslim tidak makan daging babi atau mengkonsumsi alkohol dan membutuhkan restoran halal yang menyajikan makanan yang disiapkan berdasarkan peraturan Syariah Islam, kata beberapa pejabat.
Mereka mengatakan meski ada kenaikan permintaan, masih ada sedikit perusahaan Korea Selatan yang memenuhi persyaratan tersebut.

Pada bulan Juli, Korea Selatan memiliki 252 restoran halal di negara ini, dan 117 lainnya baru saja ditambahkan tahun ini. Sekitar 75 persen berada di luar Seoul.

"Berdoa dengan menunaikan sholat lima kali sehari sangat penting bagi umat Islam. Entah tujuan wisata memiliki ruang sholat pasti akan membuat perbedaan bagi mereka yang berpikir untuk datang ke sini, "kata seorang pejabat KTO. "Faktanya bahwa banyak restoran lokal yang menyajikan alkohol juga bisa membuat mereka merasa tidak nyaman."

Bisnis dengan mengejar ide tersebut telah dimulai, menurut para pejabat.
Lotte Department Store baru-baru ini membuka sebuah ruang sholat di cabang Jamsil di selatan Seoul, menjadi peritel besar pertama yang melakukannya. Taman hiburan yang populer dengan orang asing, termasuk Everland Resort dan Lotte World, sudah mengoperasikan fasilitas sholat. Pulau Nami, tujuan wisata lainnya bagi wisatawan, membuka ruang sholat pada tahun 2011.

Sistem penilaian ada untuk restoran halal agar konsumen Muslim dapat memilih di mana mereka ingin makan.

Orang dalam industri juga meminta upaya untuk menghilangkan kesalahpahaman tentang umat Islam yang terkadang menimbulkan keluhan tentang tindakan untuk mengakomodasi mereka, terutama yang terkait dengan organisasi teroris.

"Ruang sholat untuk Muslim adalah layanan untuk memudahkan ketidaknyamanan orang-orang yang mengunjungi Korea Selatan. Ini bukan tentang agama, "kata seorang pejabat KTO. "Kita perlu memahami budaya yang dimiliki oleh 1,7 miliar orang di seluruh dunia pada era pertukaran tanpa batas antara orang-orang ini," katanya.