PM Malaysia Najib meminta Myanmar untuk hentikan diskriminasi dan terhadap Muslim Rohingya

PM Malaysia


Perdana Menteri Malaysia Najib Razak meminta Myanmar pada hari Kamis untuk menghentikan semua diskriminasi dan serangan terhadap Muslim Rohingya, dan mendesak negara-negara Islam di dunia untuk bertindak untuk mengakhiri "tragedi kemanusiaan" yang sedang berlangsung.

Malaysia telah berbicara keras menentang sebagian besar Myanmar Buddhis karena perlakuannya terhadap minoritas Rohingya, terutama sejak Oktober, ketika pasukan keamanan melancarkan tindakan keras di utara Negara Bagian Rakhine di perbatasan Bangladesh, di mana banyak warga Rohingya tinggal.

Sedikitnya 86 orang telah terbunuh dan sekitar 66.000 lainnya telah melarikan diri ke Bangladesh sejak sembilan polisi Myanmar terbunuh pada 9 Oktober dalam serangan terhadap pos-pos perbatasan yang dikhawatirkan pemerintah Myanmar atas Rohingya yang didukung oleh militan asing.

"Pembunuhan harus dihentikan. Pelanggaran perempuan dan anak perempuan harus dihentikan, "Najib, pemimpin Malaysia yang berpenduduk mayoritas Muslim mengatakan pada sebuah pertemuan Organisasi Kerjasama Islam (OKI) yang diminta Malaysia untuk membahas Rohingya.

"Penindasan terhadap sesama pria dan wanita, hanya dengan alasan bahwa mereka beragama Islam, harus berhenti," katanya.

Pengungsi, warga dan kelompok hak asasi manusia mengatakan bahwa pasukan Myanmar telah melakukan eksekusi secara singkat, memperkosa perempuan dan membakar rumah.

Namun pemerintah Myanmar yang dipimpin oleh pemenang Hadiah Nobel Perdamaian Aung San Suu Kyi telah membantah tuduhan tersebut, dengan mengatakan bahwa banyak laporan tersebut telah dibuat. Ini menegaskan perselisihan di Negara Bagian Rakhine adalah masalah internal.

Najib, yang bergabung dengan pemrotes di Kuala Lumpur bulan lalu menyerukan intervensi asing untuk menghentikan "genosida," kata Myanmar harus bertindak.
"Kami meminta pemerintah Myanmar untuk menghentikan semua tindakan diskriminatif dan serangan terhadap orang-orang Rohingya segera, dan agar para pelaku dibawa ke pengadilan," katanya.

Rohingya telah menghadapi diskriminasi di Myanmar selama beberapa generasi. Mereka tidak diklasifikasikan sebagai kelompok yang berbeda berdasarkan undang-undang kewarganegaraan dan dianggap sebagai imigran gelap dari Bangladesh, yang hanya berhak atas hak terbatas.

Kekerasan di utara Negara Bagian Rakhine sejak Oktober adalah yang paling serius sejak bentrokan komunal tahun 2012 di mana ratusan orang terbunuh.
'SELAMATKAN MEREKA'

Malaysia memanggil duta besar Myanmar tahun lalu untuk melakukan demonstrasi menentang perlakuan Rohingya, melanggar tradisi non-intervensi oleh anggota Asosiasi Negara-negara Asia Tenggara dalam urusan masing-masing.

Najib mengatakan akan menjadi aib jika kelompok Asia Tenggara tidak menghayati prinsip dan melakukan yang terbaik untuk "mencegah malapetaka yang telah berlangsung."
Dia mengatakan kepada sesama negara Muslim OKI bahwa mereka tidak dapat "berdiri dan melakukan apa-apa".

"Adalah kewajiban kita semua untuk melakukan apa yang kita bisa untuk menyelamatkan mereka dari tragedi kemanusiaan yang mereka derita," katanya.

OKI mewakili 57 negara bagian dengan populasi lebih dari 1,6 miliar orang, dan bertindak sebagai suara kolektif dunia Muslim.
Najib meminta Myanmar untuk memberikan akses tanpa hambatan untuk bantuan kemanusiaan ke daerah-daerah yang terkena dampak dan untuk memfasilitasi kembalinya pengungsi.

Dia mengatakan Malaysia akan memberikan 10 juta ringgit ($ 2,25 juta) untuk usaha kemanusiaan, dan mengirim sebuah armada makanan. Tidak ada rincian lebih lanjut yang tersedia.
Sekitar 56.000 orang Rohingya tinggal di Malaysia setelah melarikan diri, kerusuhan dan penganiayaan di Myanmar.

Utusan khusus OIC ke Myanmar mengatakan pekan ini PBB harus campur tangan untuk mencegah genosida.

Sekretaris Jenderal OIC Yousef Al Othaimeen mengatakan bahwa Myanmar harus mencegah "diskriminasi terus-menerus dan penyalahgunaan sistematis yang tidak beralasan terhadap Rohingya."

Pejabat tinggi anti-terorisme Malaysia mengatakan bahwa Myanmar menghadapi bahaya serangan para militan asing untuk mendukung Rohingya.