Bangunan Muslim Tertua Dunia, Ada di Palestina ?

Dome of The Rock Palestina
Dome of The Rock Palestina

Banyak yang mengira bahwa bangunan ini adalah Masjid Al Aqsa. Namun ternyata bukan! Ini adalah Qubbat As-Sakhrah, bangunan muslim tertua di dunia.

Kebanyakan orang menganggap bahwa bangunan ini adalah Masjidil Aqsa. Meski berada di dalam kompleks Haram Al Syarif, Qubbat As-Sakhrah atau lebih dikenal Dome of The Rock sebenarnya bukan Masjid.

Qubbat As-Sakhrah adalah Kubah Batu tempat dimana baginda Nabi Muhammad SAW memulai proses Isra Miraj. Meski begitu, sekarang bangunan ini juga difungsikan untuk sholat layaknya Masjid.

Di dalam Qubbat As-Sakhrah terdapat jejak kaki yang diyakini sebagai jejak kaki baginda Nabi Muhammad SAW sebelum melakukan perjalanan Isra Miraj. Berbentuk segi delapan dengan arsitektur sangat menawan, Qubbat As-Sakhrah dibangun sejak zaman khalifah kerajaan Umaiyyah. Bangunan ini juga menjadi struktur bangunan muslim tertua yang masih ada saat ini.

Masih di dalam Qubbat As-Sakhrah juga terdapat batu terbang. Dikisahkan dulu batu tersebut ingin ikut Baginda Nabi Muhammad SAW ke langit dalam peristiwa Isra Miraj namun tidak diijinkan sehingga menggantung hingga kini. Sebagai penanda di batu tersebut diberi tulisan berlafalkan kalimat tauhid Laillahaillallahu Muhammadurosulullloh.

Lorong bawah tanah yang diyakini sebagai tempat baginda nabi Muhammad SAW mengimami seluruh nabi dan rosul yang pernah hidup di muka bumi juga berada di bawah Qubbat As-Sakhrah . Kompleks Aqsa menyimpan banyak peristiwa bersejarah bagi umat muslim dan menjadi tempat yang disucikan oleh tiga agama lainnya.

Banyak para nabi dan sahabat nabi yang diyakini pernah tinggal dan meninggal di sekitar Masjdil Aqsa, seperti Nabi Sulaiman dan sahabat nabi Salman Al Farisi. Bahkan Imam Ghozali seorang Imam yang sangat dihormati oleh para ilmuan Islam karena pemikiran-pemikiranya menyelesaikan bagian dari bukunya yang paling terkenal yakni Ihyaa Ulum Al Din ketika berada di Aqsa.

Qubbat As-Sakhrah dan Masjidil Aqsa yang berdiri kokoh hingga kini juga menjadi saksi bisu puluhan ribu umat muslim pernah dibantai saat tentara salib menguasai Yerusalem. Tentara salib juga menjadikan Qubbat As-Sakhrah untuk kapel dan ruang bawah tanahnya sebagai kandang kuda.

source : detik