Rahasia Keutamaan Al Fatihah

Al Fatihah

Surat al-Fatihah mempunyai banyak rahasia di dalamnya sebagaimana Allah Subhanahu wa Ta'ala menyampaikan wahyu kepada Nabi Sholallahu AlaihinWa salam, dan beliau bersabda :

“Barang siapa yang membaca Surat al-Fatihah sekali, seolah-olah ia telah membaca Kitab Suci az-Zabuur, at-Tawraat, al-Injiil, dan al-Qur’an!” 

Makna rahasia Surat Al Fatihah tidak bisa diartikan melalui translate dari Bahasa Arab ke Bahasa Indonesia saja, tetapi juga harus memperhatikan riwayat - riwayat dari hadits dan riwayat yang disampaikan oleh beberapa Sahabat Rasulullah dan para ulama yang merupakan pewaris ajaran Nabi Muhammad sholallahu alaihi wa salam.

Salah satu rahasia dari keutamaan membaca surat Al Fatihah adalah menghapus.

Dikatakan bahwa salah satu nama dari Surat al-Fatihah adalah al-Maahiyya, “Yang Menghapuskan.” Menghapuskan apa? 

Ia menghapuskan segala sesuatu yang buruk, ia menghapuskan seluruh dosa kalian, seluruh akhlak buruk, seluruh kekuatan ego kalian dan segala yang berhubungan dengan Setan, bahkan jika kalian tidak merasakannya bahwa itu semua sedang dihapuskan! 

Hal itu karena Surat al-Fatihah mempunyai lima belas “miim” di dalamnya. 

Surat al-Fatihah terdiri atas 125 huruf dan setiap huruf mempunyai sebuah makna. 

Jadi masing-masing dari kelima belas “miim” ini mempunyai sebuah makna yang merupakan samudra ilmu yang tidak dapat kalian ukur awal dan akhirnya karena ia terhubung dengan Hadratillah! 

Surat al-Fatihah adalah Kalamullah, jadi tidak ada awal maupun akhir untuk pahala dan manfaat yang kalian dapatkan darinya!