Doa Pagi dan Petang

Berpagi hari dalam keadaan sehat merupakan karunia dari Allah yang harus disyukuri. Jangan sampai aktifitas yang menyibukkan membuat sobat menjadikan lupa untuk berdoa atau berdzikir kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

Betapa nikmat yang diperoleh memiliki harga yang sangat mahal. Bayangkan kalau sobat dirumah tidak bisa bangun dalam keadaan sehat, atau tidak bisa menghirup udara pagi yang segar.
Rosulullah Sholallahu alaihi wa salam telah mengajarkan kepada kita, agar senantiasa berdoa di pagi hari dan petang sebagai bagian dalam ibadah, karena doa merupakan ibadah.

Doa Pagi dan Petang
Artinya

Dari Abu Hurairah (w. 59 H) , ia berkata: Rasulullah SAW (w. 11 H) mengajarkan kepada para sahabatnya, beliau bersabda, "Apabila salah seorang di antara kalian memasuki waktu pagi, maka hendaklah ia mengatakan: 'Ya Allah, dengan (perlindungan)-Mu kami memasuki waktu pagi dan dengan (perlindungan)-Mu (pula) kami memasuki waktu sore, Karena-Mulah kami hidup dan karena-Mu (pula) kami mati, dan kepada-Mulah kami kembali'. Apabila ia memasuki waktu sore, maka hendaklah ia mengatakan: 'Ya Allah, dengan (perlindungan)-Mu kami memasuki waktu sore dan dengan (perlindungan)-Mu kami memasuki waktu pagi, Karena-Mulah kami hidup dan karena-Mu pula kami mati, dan kepada-Mulah kami dikumpulkan”. HR. Tirmidzi (w. 279 H).

Istifadah :
Hadis di atas menunjukkan waktu untuk berdzikir kepada Allah, yakni waktu pagi dan petang. Hal ini tidak membatasi bahwa dzikir hanya dilakukan pada saat itu saja, akan tetapi hadis ini hanya menekankan pentingnya berdzikir di kedua waktu tersebut, karena pada saat itu merupakan waktu luang yang dapat digunakan untuk beribadah dengan bersungguh-sungguh, dan pada saat itu pula amalan seluruh manusia diangkat untuk dihadapkan kepada Alloh.

Semoga bisa bermanfaat dan bisa di share ke yang lain, terima kasih.