103 Al Quran Surat Al-'Ashr

Al Quran Surat ( ke - 103 ) Al-'Asr , Terjemah dan Tafsir Jalalayn

Surat Al-'Asr merupakan surat ke-103 dalam Al Quran, terdiri dari 3 ayat  dan diturunkan oleh Allah Ta'ala melalui malaikat Jibril alaihi salam kepada Nabi Muhammad ﷺ di kota Mekkah shingga termasuk dalam surat Makkiyah.


.
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.



وَالْعَصْرِ 


Demi masa

By time, (1) 


Tafsir Jalalayn Surat Al-'Asr ayat 1 :

 (Demi masa) atau zaman atau waktu yang dimulai dari tergelincirnya matahari hingga terbenamnya; maksudnya adalah waktu salat Asar.


Quran Surat Al - 'Asr  Ayat 2

إِنَّ الْإِنْسَانَ لَفِي خُسْرٍ 



Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian,

Indeed, mankind is in loss, (2) 


Tafsir Jalalayn Surat Al-'Asr ayat 2 :

(Sesungguhnya manusia itu) yang dimaksud adalah jenis manusia (benar-benar berada dalam kerugian) di dalam perniagaannya.

Quran Surat Al - 'Asr  Ayat 3

إِلَّا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ


kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.

Except for those who have believed and done righteous deeds and advised each other to truth and advised each other to patience. (3)


Tafsir Jalalayn Surat Al-'Asr ayat 3 :

(Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh) mereka tidak termasuk orang-orang yang merugi di dalam perniagaannya (dan nasihat-menasihati) artinya sebagian di antara mereka menasihati sebagian yang lainnya (supaya menaati kebenaran) yaitu iman (dan nasihat-menasihati dengan kesabaran) yaitu di dalam menjalankan amal ketaatan dan menjauhi kemaksiatan.