Isa Al Masih Satu Satunya yang Terkemuka Di Dunia dan Di Akhirat ?

Saat ini kita masih melihat dan mendengar orang-orang Nashrani menggunakan ayat Al Quran untuk membenarkan kemuliaan Nabi Isa Al Masih ( Yesus ) dan menyebutnya terkemuka didunia dan akhirat, kalau bukan Tuhan kenapa bisa terkemuka didunia dan akhirat ?

Gelar yang Hanya diberikan kepada Nabi Isa Alaihi Salam bukan kepada para Nabi yang lain.

Mereka menggunakan Ayat Al Quran yang sesuai dengan kehendak mereka seolah Al Quran membenarkan ajaran mereka.

Kalau mau menggunakan ayat Al Quran kenapa tidak mempelajari semuanya ? 
Jangan setengah - setengah dong Pak Dhe ?

Mari kita tulis dan cermati dulu maksud ayat yang Al Quran yang menyatakan bahwa Nabi Isa Alaihi Salam terkemuka di dunia dan di akhirat tersebut, ayat yang dimaksud adalah QS Ali Imran 3:45

إِذْ قَالَتِ الْمَلَائِكَةُ يَا مَرْيَمُ إِنَّ اللَّهَ يُبَشِّرُكِ بِكَلِمَةٍ مِنْهُ اسْمُهُ الْمَسِيحُ عِيسَى ابْنُ مَرْيَمَ وَجِيهًا فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ وَمِنَ الْمُقَرَّبِينَ

“Idz Qaalati malaaikatu yaamaryamu innallaaha yubasysyiruka bikalimatin minhu ismunul masiihu isa ibnu maryama WAJIIHAN fiddunnya wal akhirati wa minal muqarrabiin”

“(Ingatlah), ketika Malaikat berkata: “Hai Maryam, seungguhnya Allah menggembirakan kamu (dengan kelahiran seorang putera yang diciptakan) dengan kalimat (yang datang) daripada-Nya, namanya Al Masih Isa putera Maryam, seorang terkemuka di dunia dan di akhirat dan termasuk orang-orang yang didekatkan (kepada Allah),”

Nabi Isa Terkemuka di Dunia dan di Akhirat
Al Qur'an Surat  Al Imran ayat 45


Dalam ayat tersebut, menggunakan kata “wajihan” ( وَجِيهًا ) yang berarti terkemuka/terhormat, namun apakah hal itu hanya untuk Nabi Isa Alaihi Salam saja dan membuktikan bahwa Nabi Isa adalah Tuhan ?

Ternyata selain Nabi Isa ada juga Nabi Musa yang mana Allah Tabaaraka wa Ta'ala  menyebut keduanya dengan kata yang sama ( وَجِيهًا ) yang terdapat dalam QS Al Ahzab 33:69

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَكُونُوا كَالَّذِينَ آذَوْا مُوسَى فَبَرَّأَهُ اللَّهُ مِمَّا قَالُوا وَكَانَ عِنْدَ اللَّهِ وَجِيهًا

“Yaa ayyuhal ladziina amanuu laa takuunuu kalladziina aadzau muusaa fabarra-ahullaahu mimmaa qaaluu wa kaana ‘indallaahi WAJIIHAN.”

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu menjadi seperti orang-orang yang menyakiti Musa; maka Allah membersihkannya dari tuduhan-tuduhan yang mereka katakan. Dan adalah dia seorang yang mempunyai kedudukan terhormat di sisi Allah.”

Terkemuka di Sisi Allah
Al Quran Surat Al Ahzab ayat 69 ( Quran Android Indonesia ) 


Dari ayat Al Quran diatas jelaslah bahwa tidak hanya Nabi Isa yang terkemuka tapi nabi-nabi yang lainpun, karena semua nabi adalah manusia-manusia pilihan Allah Ta'ala untuk membimbing manusia ke jalan yang lurus, dan memiliki kedudukan terkemuka di sisi Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

Hanya Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang menguasai Dunia dan Akhirat, sedangkan terkemuka tidak tidak mengindikasikan penguasaan.

Terkemuka ( Terhormat ) dan Berkuasa jelas kata yang berbeda. Penguasa mengindikasikan terkemuka, tapi terkemuka belum tentu mengindikasikan penguasa. 

Contoh gamblangnya begini,
Bill Gates terkemuka diberbagai negara karena menciptakan Microsoft, apakah itu berarti dia pemilik suatu negara? 

Begitu juga telah terjawab dengan Nabi Musa yang juga terkemuka disisi Allah Ta'ala, tentu kedudukan disisi Allah Ta'ala lebih besar dibanding dunia akhirat dan segala isinya.

Semoga Bermanfaat