Ratusan Anggota OPM Puncak Jaya Ikrarkan Kembali Kembali ke NKRI


PUNCAK JAYA - Sebanyak 215 anggota Tentara Pembebasan Nasional Organisasi Papua Merdeka (TPN-OPM) dan simpatisan anggota separatis kelompok Goliat Tabuni yang bermarkas di wilayah Tingginambut Kabupaten Puncak Jaya turun gunung berikrar masuk kembali ke pangkuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Sabtu (1/7/2017).

Ikrar kesetiaan anggota dan diikuti simpatisan kelompok OPM ini dilakukan di lapangan Tingginambut, ditandai pembacaan Ikrar oleh anggota TPN -OPM Yesko Kogoya didepan Bupati Kabupaten Puncak Jaya Henock Ibo, Danrem 173/PVB Brigjen I Nyoman Cantiasa, Kapolres Puncak Jaya AKBP Hutabarat, serta Dandim Puncak Jaya.

Ikrar terdiri dari 5 butir pernyataan, yakni, pertama, setia kepada NKRI dan membela tanah air Indonesia serta mendukung Pancasila sebagai Ideologi Negara. Kedua, menolak kelompok anti pembangunan yang mengatasnamakan perjuangan kemerdekaan Papua dan menjadi musuh bersama.
Ketiga, menghentikan aksi-aksi bersenjata dan siap mendukung pembangunan diriwayatkan Puncak Jaya. Keempat, bersedia mengajak seluruh saudara-saudara kami yang masih berada di hutan agar segera turun dan kembali kelangkaan NKRI.

Kelima, meminta kepada aparat keamanan dalam hal ini TNI/Polri, agar menjamin keamanan, jika ada anggota TPN-OPM yang kembali dan menyerahkan amunisi atau senjata api dengan sukarela.
Pernyataan sikap selanjutnya diberikan kepada Bupati Kabupaten Puncak Jaya Henock Ibo, kemudian dilakukan pemasangan ikat kepala Merah putih, pemberikan kaos Merah Putih dan pemberian bendera Merah Putih.

Tokoh OPM yang juga merupakan penasehat spiritual Goliat Tabuni, Wenis Tabuni, mengaku jika keinginan ikrar bergabungnya kembali dirinya bersama anggota dan simpatisan lain murni akibat keinginan hidup normal dan merasakan pembangunan pemerintah di wilayah Puncak Jaya, utamanya wilayah Distrik Tingginambut.

"Kami ingin hidup layak seperti saudara-saudara kami yang sudah bergabung dengan NKRI. Maka kami hari ini turun gunung untuk ikrar setia bergabung dengan NKRI," kata Wenis Tabuni.
Dikatakan, dirinya yang juga berhubungan saudara dengan Goliat Tabuni tersebut, meminta pimpinan OPM Goliat Tabuni untuk turut turun gunung dan membuka diri untuk bergabung dengan NKRI, sama seperti yang telah dilakukan olehnya bersama anggota dan simpatisannya.

"Nanti saya ketemu dengan adik Goliat Tabuni. Karena saya kakanya sudah turun dan bergabung bersama NKRI,"ucapnya.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Puncak Jaya, Henock Ibo dalam kesempatan tersebut meminta Goliat Tabuni untuk turun gunung terhitung satu bulan ini.

"Sudah lama, dan sudah saatnya untuk turun gunung. Saya kasih waktu sebulan untuk Goliat turun. Mari bergabung dengan kami, untuk membangun Puncak Jaya," tandasnya.

Acara ikrar kesetiaan oleh anggota TPN-OPM tersebut ditutup dengan acara sakral bakar batu. ( okezone )